Begini Sejarah Singkat Baju Muslim?

Baju Muslim (7)

Baju muslim yang dikombinasikan dengan turban, membuat penampilan lebih menarik.

Baju muslim memiliki karakter unik. Siapapun yang mengenakan pakaian tersebut akan langsung dikenali sebagai seorang muslim – meski hanya dalam selintas pandang. Busana muslim laki-laki maupun perempuan umumnya terjulur panjang menutupi aurat sang pemakai.

Saat ini pakaian muslim menjadi tren tersendiri. Bila sebelumnya baju muslim hanya sebatas pakaian panjang yang terkesan monoton, kini sudah mulai bermunculan busana muslim cantik dengan model beragam. Tak sedikit designer ternama yang ikut meramaikan bisnis tersebut, mulai dari Dian Pelangi, Zaskia Sungkar hingga Ivan Gunawan.

Pilihan baju muslim tak hanya sebatas gamis, namun bisa juga rok panjang yang dipadankan dengan blouse.

Pilihan baju muslim tak hanya sebatas gamis, namun bisa juga rok panjang yang dipadankan dengan blouse.

Saya sendiri termasuk salah satu pengguna pakaian muslim. Sejak tiga tahun terakhir saya memutuskan untuk mengenakan hijab sebagai salah satu bukti taat terhadap perintah agama yang saya anut. Meski tidak selalu ikut tren busana muslim terkini, saya bersyukur menjadi wanita muslim abad ini yang bisa lebih leluasa memilih model pakaian muslim yang kita kenakan.

Obrol-obrol mengenai busana muslim, pernah tidak teman-teman terpikir bagaimana sih awalnya tren busana muslim muncul hingga akhirnya bisa berkembang seperti saat ini? Beberapa waktu lalu saya sempat iseng menyusuri berbagai cerita mengenai asal mula tren busana muslim.

Baju Muslim (1)

Agar penampilan lebih segar, tak ada salahnya mengenakan baju warna terang.

MENYEBAR SEIRING TERSEBARNYA ISLAM

Busana muslim menyebar seiring dengan tersebarnya agama Islam. Meski Nabi Muhammad SAW telah wafat, para sahabat tetap melakukan syiar Islam. Para Sahabat menyampaikan syiar mengenai akidah, ahlak hingga tata cara berpakaian sesuai dengan perintah Allah SWT yang disampaikan melalui Al-Quran.

Sehingga, pakaian muslim akhirnya menyebar bersamaan dengan syiar Islam, termasuk salah satunya di Indonesia. Beberapa tahun terakhir, busana muslim di Indonesia bahkan mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Pakaian muslim di Indonesia muncul dengan aneka model dan jenis, mulai dari pakaian formal hingga santai  – tentu tanpa menghilangkan fungsinya sebagai penutup aurat.

Baju Muslim (3)

Agar penampilan terlihat lebih menarik, bisa juga baju muslim yang kita kenakan dipadankan dengan outer.

Bisnis busana muslim yang terus berkembang memberikan manfaat tersendiri. Bila dilihat dari sisi ekonomi, pakaian muslim ikut andil meningkatkan pendapatan devisa negara. Apalagi beberapa waktu lalu sempat muncul kontes kecantikan khusus muslimah – World Muslimah Award. Meski sempat menuai kontroversi, diakui atau tidak, kontes tersebut ikut mempopulerkan busana muslim.

Kini semakin banyak wanita muslim Indonesia yang mengenakan hijab. Bila dulu beberapa dari mereka enggan mengenakan jilbab karena model hijab dan baju muslim yang sangat terbatas, kini setelah tren baju muslim berkembang sangat pesat, perlahan perempuan muslim lebih tergerak untuk menutup aurat. Model baju muslim yang semakin berkembang pesat, membuat kita semakin percaya diri saat mengenakannya. Jadi model baju muslim mana yang jadi favorit teman-teman? Yuk, berbagi di boks komentar. (*)

 

Share This:

6 thoughts on “Begini Sejarah Singkat Baju Muslim?

  1. Hihihi, sama kita mba’ saya juga baru 3 tahun ini mulai berhijab, alhamdulillah ya kita hidup dijaman yang bajunya sudah modis, bergaya juga enak kelihatannya dan ga monoton ^-^

    1. Iya mbak, alhamdulillah lebih banyak pilihan. Makasih sudah mampir.

    1. Kalau ud biasa enggak hehe. Makasih sudah berkenan mampir Mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *