Bermain Airsoft Gun, Apa yang Harus Disiapkan?

Dok Net/Suasana permainan airsoft gun.

Dok Net/Suasana permainan airsoft gun.

Permainan outdoor yang menantang selalu digandrungi beragam kalangan. Salah satu permainan di luar ruangan yang cukup diminati adalah airsoft gun. Hampir seluruh lapisan masyarakat menyukai permainan ini. Selain menantang adrenalin dan mengasah kemampuan strategi, permainan ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengolah tubuh.

Permainan tersebut mulai dikenal di Jepang pada 1970-an saat diterapkan larangan mengenai kepemilikan senjata api untuk warga sipil. Aturan tersebut diterapkan sangat ketat sehingga warga Jepang biasa kesulitan untuk memiliki senjata api secara pribadi. Akhirnya, untuk memfasilitasi warga sipil yang gemar bermain senjata api, dibuat replika senjata yang sangat mirip – airsoft gun.

Meski permainan tersebut awalnya diperuntukkan bagi warga sipil Jepang yang hobi mengokang senjata, namun seiring waktu, airsoft gun berkembang sangat pesat. Permainan tersebut diminati warga sipil di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Kini di tanah air bahkan sudah banyak terbentuk club atau komunitas pencinta air soft gun.

Dok Net/Salah satu pemain airsoft gun.

Dok Net/Salah satu pemain airsoft gun.

Hampir seluruh kota besar di Indonesia memiliki club yang memfasilitasi permainan tersebut, termasuk Kota Batam, Kepulauan Riau. Komunitas airsoft gun juga biasanya sudah memiliki jadwal latihan yang rutin dengan lokasi latihan yang beragam disesuaikan dengan kondisi seperti perang sungguhan, mulai dari suasana pedesaan, hutan hingga gedung yang sudah tidak terpakai.

Pemain biasanya dibagi dalam dua kelompok. Agar ditetapkan sebagai pemenang, kelompok tersebut harus melumpuhkan kelompok lawan. Untuk menjadi pemenang dan menghindari letupan peluru, pemain biasanya berlindung di balik dinding, semak, karung, dan lainya yang tersedia di arena permainan.

Lalu, Apa yang Harus Disiapkan?

Ada tiga alat utama yang digunakan saat bermain airsoft gun. Apa saja alat yang diperlukan tersebut? Ini daftarnya.

Dok Net/Salah satu jenis senjata replika yang digunakan saat bermain airsfot gun.

Dok Net/Salah satu jenis senjata replika yang digunakan saat bermain airsfot gun.

Senjata Replika

Ada tiga jenis senjata replika yang dapat dipilih pemain airsoft gun sesuai kebutuhan. Pilihan pertama adalah spring yang menembakan peluru melalui per. Senjata jenis ini cukup menyulitkan pemain. Hal tersebut dikarenakan pemain harus mengokang senjata dengan menggerakan pegas setiap kali akan menembak sasaran.

Senjata replika kedua adalah yang berjenis elektrik. Berbeda dengan spring, senjata elektrik digerakkan oleh dinamo elektrik atau motor penggerak. Tenaga yang dihasilkan untuk menembakan peluru bersumber dari baterai yang terpasang di dalam senjata tersebut.

Senjata replika ketiga adalah berjenis gas. Sesuai dengan namanya, senjata ini menggunakan gas tekanan tinggi untuk mendorong peluru menembak sasaran. Gas yang dipakai adalah jenis polysiloxane atau propana. Beberapa ada juga yang memakai jenis green gas yang menyerupai gas CO2.

Senjata yang digunakan saat bermain airsoft gun memang hanya replika dan tidak berbahaya. Meski demikian, personal yang akan membeli senjata airsoft gun tetap harus mengantongi beberapa persyaratan untuk menghindari penyalahgunaan – selain itu agar keamanan tetap terjaga.

Dok Net/Peluru yang digunakan untuk bermain airsoft gun.

Dok Net/Peluru yang digunakan untuk bermain airsoft gun.

Peluru

Agar permainan lebih seru, pemain airsoft gun juga membutuhkan peluru untuk mengisi senjata replika. Peluru untuk bermain airsoft gun biasanya disebut buller ball atau ball bearing. Pelurunya berbentuk bulat berbahan plastik yang padat. Umumnya peluru tersebut memiliki diameter 6mm.

 

Dok Net/Rompi salah satu pelindung diri yang digunakan untuk bermain airsoft gun.

Dok Net/Rompi salah satu pelindung diri yang digunakan untuk bermain airsoft gun.

Alat Pengaman

Dalam setiap permainan, keamanan dan keselamatan merupakan hal yang sangat penting, tak terkecuali untuk permainan yang menggunakan senjata replika ini. Itulah mengapa setiap pemain airsoft gun wajib menggunakan alat pelindung diri sesuai standarisasi yang telah ditetapkan, seperti kacamata untuk melindungi mata dari paparan peluru, helm yang menyerupai topeng untuk melindungi area wajah, jaket dan rompi untuk melindungi tubuh, hingga pelindung kaki.

Sedikit berbeda dengan kegiatan outdoor lain, menikmati permainan airsoft gun memang harus mengikuti aturan dan kode etik yang sudah ditetapkan agar keselamatan pemain tetap terjaga. Biasanya club dan komunitas lah yang ikut serta menjaga agar aturan yang sudah ditetapkan dapat dijalankan dengan baik. Jadi sudah siap bermain airsoft gun? Salam Bataminenglish! (*)

 

 

Share This:

9 thoughts on “Bermain Airsoft Gun, Apa yang Harus Disiapkan?

  1. Ini olahraga yang paling favorit, kapan lagi bisa main perang-perangan tapi tetap aman.

    1. Di Golden City Bengkong ada Mbak, dulu pernah main disana, tapi memang harus rame-rame, yuk kapan-kapan Blogger Kepri main kesana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *