Ini Enam Makanan Khas Batam Wajib Coba

Saat berkunjung ke Batam, Kepulauan Riau, ada beberapa makanan yang wajib dicicipi. Apa saja makanan tersebut? Yuk, disimak daftarnya disini.

kopitiam-3

Mie Lendir

Ini merupakan salah satu makanan khas Batam yang wajib coba. Selintas mie ini seperti lo mie khas Bogor atau mie kocok khas Aceh. Namun saat dicicip ada rasa yang tak biasa. Dalam sepiring mie lendir, kita akan merasakan kombinasi empat rasa sekaligus, yakni asin, pedas, gurih hingga manis.

Rasa manis didapat karena bumbu mie lendir berasal dari campuran kacang tanah dan ubi jalar. Sementara rasa gurih didapat dari udang dan ayam. Biasanya udang dan ayam dihancurkan bersama bumbu. Sehingga, meski tidak terlihat gumpalan ayam ataupun udang, rasa gurih dari dua jenis daging tersebut tetap akan terasa saat disantap.

Mie lendir biasanya disajikan bersama tauge rebus dan cabe rawit yang diiris tipis-tipis. Sebagai pelengkap, penjual biasanya menambahkan taburan kerupuk atau emping. Beberapa ada yang disajikan begitu saja. Mie lendir bisa dicicipi di hampir seluruh kopitiam yang ada di Kota Batam. Namun mie lendir terlezat di Batam dapat dicicipi di sekitaran Nagoya, tepatnya di depan Hotel Sari Jaya.

kopitiam-4

Nasi Lemak

Selain mie lendir, Anda juga sebaiknya mencoba menikmati sepiring nasi lemak saat berkunjung ke Batam. Nasi lemak yang dijual di Batam sangat khas. Nasi tersebut ditanak dengan campuran santan, jahe, daun pandan dan sereh, sehingga aroma yang menguar sangat wangi dan khas – menggugah selera makan siapapun yang mencium.

Nasi lemak biasanya disajikan dengan bumbu cabai merah yang diolah dengan tambahan ikan atau sotong. Beberapa penjual ada juga yang menyajikan nasi lemak dengan stambahan epotong ayam goreng dan sebutir telur – baik omlet telur yang diiris tipis, maupun telur rebus yang masih berbentuk bulat.

14091310791009009648

Sup Ikan

Makanan ini sepertinya menjadi favorit para pelancong yang berkunjung ke Batam. Beberapa teman saya yang datang dari luar kota, biasanya langsung mencicipi sup ikan pada hari pertama berkunjung ke Batam. Mereka bilang tak afdol bila berkunjung ke Batam tidak menikmati sup ikan.

Sup ikan yang paling melegenda di Batam adalah Sup Ikan Yongkee. Meski bahan utamanya berasal dari ikan, namun tidak tercium bau amis sama sekali. Sup tersebut malah terasa segar – kombinasi rasa gurih, asam dan asin sangat pas dilidah. Itu makanya tak heran bila sup ikan tersebut selalu diburu, baik oleh warga lokal Batam maupun pendatang yang sedang menjalankan business trip atau liburan.

gong-gong

Gong Gong

Bagi yang baru pertama kali mencoba, olahan makanan ini mungkin terasa sedikit aneh di lidah. Selain hambar, juga terasa kenyel-kenyel. Namun coba beberapa kali suap, Anda pasti akan ketagihan. Apalagi bila mencocol gong-gong tersebut dengan sambal cabe rawit yang selalu disediakan penjual. Pasti minta tambah lagi, lagi dan lagi.

Gong gong biasanya dijual di kelong-kelong atau restoran seafood di Kota Batam. Hampir semua kelong dan restoran seafood menjual makanan ini. Hal tersebut dikarenakan gong gong merupakan salah satu makanan khas Kota Batam. Kini gong gong bahkan sudah diolah dalam bentuk makanan yang variatif, salah satunya adalah keripik dan pangsit gong gong.

p_20150313_134044_hdr

Tapis

Sama seperti gong gong, tapis juga sangat dianjurkan untuk Anda coba saat berkunjung ke Batam. Rasa tapis hampir sama seperti gong gong, namun terasa lebih familiar dilidah. Hal tersebut dikarenakan tapis cukup populer di beberapa wilayah di Indonesia. Yup, tapis adalah kerang laut dengan ukuran yang lumayan besar.

Sama seperti gong-gong, tapis juga biasanya dinikmati dengan sepiring kecil sambal cabe rawit. Sehingga, selain gurih ada rasa pedas yang meledak di lidah. Restoran yang direkomendasikan untuk mencicip tapis lezat dengan harga terjangkau adalah Resoran Jawa-Melayu yang terletak di Piayu Laut.

prata

Prata

Saat berkunjung ke Batam, ada baiknya mencoba mencicipi prata. Makanan khas India tersebut cukup populer di Batam. Hampir setiap penjual sarapan pagi menawarkan menu tersebut. Apalagi prata khas Batam juga sudah dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga rasanya pas dilidah orang Indonesia.

Takaran bumbu yang disajikan tidak sekental prata India. Meski demikian tidak mengurangi kelezatan prata tersebut. Saya bahkan bisa memsan beberapa keping prata sekaligus, terutama bila kuah ayamnya sangat lezat. Favorit saya adalah prata polos. Saya tidak terlalu suka prata telur karena terasa seperti martabak telur.

teh-tarik

Teh Tarik

Selain mencoba makanan-makana n diatas, saat berkunjung ke Batam Anda juga sebaiknya mencoba teh tarik. Campuran the dan susu tersebut terasa unik karena tercampur sempurna. Apalagi saat mencicip gelembung-gelembung air pada the tarik tersebut, terasa sangat berbeda. Oiya, minuman favorit warga Batam sebenarnya sangat sederhana, yakni teh o dan teh obeng – teh o adalah teh manis panas, dan teh obeng adalah es teh manis. Entah mengapa kedua minuman tersebut memiliki nama yang berbeda di Batam.

Jadi makanan khas Batam apa saja yang sudah dicicip teman-teman? Mana yang paling favorit? Yuk, berbagi cerita di kolom komentar. Salam Bataminenglish! (*)

 

Share This:

5 thoughts on “Ini Enam Makanan Khas Batam Wajib Coba

  1. Yup, di batam inilah saya banyak makan macam-macam makanan wa bil khusus seafoodnya.

    tulisan yang menarik…tfs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *