Terluar dan Terdepan, Infrastruktur Batam Paling Lengkap?

Kota Batam

Kota Batam

Menyandang status sebagai kota terluar dan terdepan, tak membuat Batam, Kepulauan Riau (Kepri), fakir infrastruktur. Kota yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia tersebut justru memiliki hampir seluruh fasilitas yang dimiliki oleh kota-kota besar lain di Indonesia.

Meski berjarak sekitar 850 kilometer dari Jakarta, transportasi Batam sangat baik. Kota seluas 715 km2 tersebut memiliki Bandara Internasional Hang Nadim yang dibangun sejak tahun 1980-an. Selain itu, Batam juga memiliki empat pelabuhan ferry internasional, dan tiga pelabuhan laut. Bandara dan pelabuhan tersebut memungkinkan Batam – yang dikelilingi laut – terhubung dengan kota-kota lain di Indonesia dan mancanegara.

Satu hal yang paling saya suka dari Batam adalah jalan rayanya yang lebar dan mulus. Umumnya jalan di Batam memiliki dua lajur untuk jalur kiri-kanan. Sehingga, tidak khawatir adu kambing saat menjalankan kendaraan. Beberapa jalan bahkan ada yang memiliki tiga hingga empat lajur untuk setiap jalur.

Dibangun saat belum ramai penduduk sepertinya menjadi keuntungan tersendiri. Pemerintah menjadi lebih leluasa mengalokasikan lahan untuk jalan raya. Berdasarkan data yang dirilis skpd.batamkota.go.id, Batam setidaknya memiliki 1.089,08 kilometer jalan, dengan rincian 260,90 kilometer jalan arteri, 138,05 kilometer jalan kolektor dan 690,13v kilometer jalan lokal.

Selain sarana transportasi, kota berpenduduk sekitar 1,2 juta tersebut juga dilengkapi energi listrik yang mumpuni. Saat ini Batam setidaknya memiliki pasokan listrik sekitar 373 MW yang dialirkan secara mandiri oleh bright PLN Batam . Sebagian dari energi listrik tersebut bahkan mampu menerangi Pulau Bintan, Kepri.

Batam juga memiliki fasilitas air minum yang cukup baik. Meski tidak memiliki sungai dan gunung sebagai sumber mata air alami, kota tersebut memiliki lima waduk tadah hujan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Lima waduk tersebut berkapasitas 3.820 liter/detik.

Selain infrastruktur, Batam juga dilengkapi beragam fasilitas umum – salah satunya perbankan. Batam setidaknya memiliki 72 bank, baik bank BUMN, pemerintah daerah, umum swasta, maupun perkreditan rakyat. Batam juga bahkan memiliki Kantor Perwakilan Bank Indonesia yang terletak di Jalan Engku Putri, Batam Centre. Sebenarnya, itu untuk kantor pelayanan Bank Indonesia seluruh Provinsi Kepri.

Selain fasilitas perbankan Batam juga memiliki fasilitas pendidikan yang lumayan lengkap, mulai dari playgroup hingga perguruan tinggi. Berdasarkan Buku Development Progress of Batam yang diterbitkan BP Batam, setidaknya ada 373 TK, 324 SD, 129 SMP, 81 SMA/SMK, dan sembilan perguruan tinggi.

Begitupula dengan fasilitas kesehatan, kota yang memiliki 371 pulau tersebut juga dilengkapi fasilitas kesehatan yang sangat baik. Setidaknya saat ini ada 64 Puskesmas, 14 rumah sakit, 83 rumah bersalin, 111 apotek, 148 toko obat, dan 193 balai pengobatan yang tersebar di berbagai titik.

Tak hanya fasilitas pendidikan dan kesehatan – sebagai kota dengan jumlah pengunjung wisatawan mancanegara terbanyak ketiga di Indonesia, Batam juga dilengkapi dengan beragam hotel dan resort. Hotel dan resort tersebut tersebar mulai dari Batu Aji, Nongsa, Sekupang, hingga Bengkong.

Untuk memanjakan para turis dan penduduk yang hobi shopping, Batam juga menyediakan pusat perbelanjaan. Saat ini setidaknya ada sekitar 24 pusat perbelanjaan di Kota Batam yang menawarkan beragam produk. Mall berderet hampir setiap kecamatan, mulai dari Mega Mall, BCS Mall, Nagoya Hill, Kepri Mall, hingga DC Mall dan Lucky Plaza.

Jadi malu, dulu saat harus pindah dari Bogor, Jawa Barat, ke Batam karena ikut suami, sempat khawatir tidak dapat menikmati beragam fasilitas seperti yang ada di Bogor. Namun nyatanya, untuk beberapa fasilitas di Batam malah lebih lengkap dibanding di Bogor. Kalau kurang bahkan tinggal nyebrang ke Singapura yang hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit, atau menyusuri pusat perbelanjaan di Malaysia. Jadi bila ada yang bilang pulau terluar dan terdepan itu tertinggal, jangan percaya dulu – karena Batam pengecualian. Salam Bataminenglish! (*)

Share This:

8 thoughts on “Terluar dan Terdepan, Infrastruktur Batam Paling Lengkap?

  1. Waaaaah, ini infonya super duper keren dan lengkap. Baru tau loh jumlah fasilitas yang ada di Batam. Pokoknya Batam istimewa, bangga jadi orang Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *