Mau Beli Kamera Bekas? Cek Dulu Tipsnya di Sini

Kamera Mirrorless Fujifilm. Dokumentasi Bukalapak

Kamera Mirrorless Fujifilm. Dokumentasi Bukalapak

Saat ini kamera sudah menjadi kebutuhan pokok untuk menopang gaya hidup. Kamera tidak hanya digunakan untuk mengambil gambar berupa foto, namun juga video. Terlebih pada zaman digital seperti saat ini. Orang-orang seolah berlomba untuk membuat foto dan video yang menarik untuk ditampilkan di sosial media dengan menggunakan beragam jenis kamera, salah satunya kamera Fujifilm.

 

Kamera besutan Jepang tersebut menjadi salah satu favorit. Terlebih Fujifilm kini kini tidak hanya menawarkan kamera pocket, namun sudah merambah ke mirrorless – jenis kamera yang menjadi favorit para traveller. Kamera tersebut lebih kecil, ringan dan ringkas, namun hasil jepretannya setara dengan gambar yang dihasilkan kamera DSLR.

 

Harga yang ditawarkan untuk kamera mirorrless juga sangat variatif, tergantung dari fitur yang dibalutkan pada kamera tersebut. Dengan banyaknya pilihan, kini kita tinggal pintar-pintar mencari spesifikasi kamera sesuai kebutuhan yang pas dengan dana yang sudah dianggarkan.

 

Namun bila memiliki dana terbatas, sementara kita tetap ingin memiliki kamera dengan kualitas mumpuni. Tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk membeli kamera second hand. Bila jeli, bukan tidak mungkin bisa mendapatkan kamera berkualitas baik dengan harga yang lebih terjangkau kantong.

Salah satu jenis kamera Fujifilm. Dokumentasi Bukalapak

Salah satu jenis kamera Fujifilm. Dokumentasi Bukalapak

Namun agar tidak menyesal dikemudian hari karena kualitas kamera bekas yang dibeli tidak seperti yang diharapkan karena ulah si pemilik sebelumnya, ada baiknya kita mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum membeli kamera Fujifilm bekas. Yuk, disimak tipsnya disini.

 

  • Periksalah bagian luar kamera apakah masih dalam kondisi yang baik atau tidak. Tak dapat dipungkiri, salah satu patokan apakah kamera masih dalam kondisi baik atau tidak bisa dilihat dari tampilan luar atau case. Bila kamera sudah lama dipakai dan tidak dirawat, maka akan terlihat tampilannya dari kondisi luar kamera tersebut yang lecet, tergurat-gurat atau terlihat pudar.

 

  • Coba tekan tombol on/off ataupun tombol shutter dari kamera tersebut. Hal lain yang dapat membuktikan sebuah kamera memiliki kualitas yang masih baik atau tidak dapat terlihat dari tombol-tombol yang ada di kamera, khususnya tombol shutter untuk menjepret. Umumnya, bila kamera masih dalam bagus, tombol-tombol dari kamera tersebut masih bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, pastikan tombol on/of, shutter, dan tombol pengaturan, masih berfungsi dengan baik sebelum memutuskan kamera bekas pakai tersebut.

 

  • Pastikan flash dari kamera tersebut masih berfungsi dengan baik. Flash digunakan untuk menghasilkan cahaya saat mengambil gambar di lokasi yang minim penerangan. Biasanya, flash pada kamera yang jarang dipakai rentan mengalami kerusakan.Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli kamera bekas, pastikan flash kamera dalam kondisi baik.

 

  • Lihat kondisi lensa dari kamera tersebut apakah masih baik atau tidak. Lensa yang bagus akan terlihat jernih dan mulus, tak ada bagian yang retak sama sekali. Sehingga, cahaya yang masuk kedalam kamera juga menjadi semakin optimal. Perlu diingat, bagian paling vital dari sebuah kamera adalah lensa. Hal itu dikarenakan, lensa berfungsi untuk menangkap cahaya yang digunakan untuk menghasilkan gambar. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli kamera bekas, pastikan lensa dari kamera tersebut dalam kondisi baik.

 

Kita memang harus lebih berhati-hati saat membeli produk yang kondisinya tidak lagi baru. Jangan hanya tergiur oleh barang murah, kita harus memastikan barang tersebut dalam kondisi baik. Jadi sudah siap membeli kamera Fujifilm bekas? Yuk, mulai berburu Kamera Fujifilm yang banyak digunakan oleh fotografer profesional. Salam Bataminenglish! (*)

Share This:

2 thoughts on “Mau Beli Kamera Bekas? Cek Dulu Tipsnya di Sini

  1. Thanks Tipsnya,. Boleh juga nih beli kamera bekas, kebetulan saya mau beli kamera juga tapi budget terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *