Siapkan Ini Sebelum Jajaki Bisnis Jual-Beli Ponsel

Usaha jual-beli telepon selular yang semakin menjanjikan. | Dokumentasi selular.id

Usaha jual-beli telepon selular yang semakin menjanjikan. | Dokumentasi selular.id

Ada banyak peluang usaha di sekitar kita. Bila jeli, kita dapat meraup banyak keuntungan dari beragam bisnis yang lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Salah satunya dengan membuka counter telepon selular –dengan menjual handphone (hp) secara offline, maupun online. Menggeluti usaha menjual telepon selular, terutama jual hp online, merupakan usaha yang cukup menjanjikan saat ini.

Hal tersebut dikarenakan saat ini telepon selular sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar masyarakat. Hampir setiap orang membutuhkan handphone, mulai dari kalangan dewasa hingga anak-anak. Mereka memanfaatkan telepon selular tidak hanya sebagai alat komunikasi –sebatas menelepon atau berkirim pesan, namun juga menggunakan alat tersebut untuk mencari informasi, hingga membuat video.

Oleh karena itu, toko yang menjual berbagai handphone dengan segala pernak-perniknya akan selalu dicari pembeli. Apalagi pada zaman digital seperti saat ini, kala produsen telepon selular berlomba mengeluarkan tipe terbaru dengan spesifikasi yang kian mumpuni. Counter handphone tak kan pernah sepi dikunjungi pembeli.

Agar pembeli selalu ramai berkunjung, toko jual beli handphone tersebut juga ada baiknya tidak hanya menjual telepon selular baru, namun juga membuka jasa jual-beli handphone bekas. Pembeli yang ingin membeli telepon selular baru, dapat menukar handphone lamanya di counter, tentu dengan tambahan uang dengan jumlah tertentu.

Jangan salah, hanphone second hand yang masih memiliki kondisi bagus dengan spesifikasi mumpuni masih banyak dicari pembeli. Apalagi bila pembeli tersebut hanya memiliki budget terbatas, namun ingin memiliki telepon selular yang memiliki kualitas dan spesifikasi yang bagus. Sudah menjadi rahasia umum, meski masih bagus dan baru digunakan beberapa bulan, harga telepon selular bekas harganya pasti jauh dibawah harga handphone baru yang masih tersegel.

Jangan Lupa Siapkan Modal yang Cukup

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini cukup besar. Kita memerlukan uang yang tidak sedikit untuk membeli handphone dan aksesorisnya. Belum lagi untuk menyewa counter dan menggaji karyawan. Oleh karena itu, sebelum membuka gerai handphone jangan lupa siapkan modal yang cukup. Modal tersebut bisa didapatkan dari dana pribadi, patungan dengan rekan atau teman, atau bisa juga meminjam dari perbankan atau koperasi.

Bila dana sangat terbatas, pada tahap awal kita bisa juga membuka usaha beli titip. Kita menjual handphone ke teman atau saudara dengan  mengambil sedikit margin dari harga handphone yang dijual. Uang untuk membeli handphone tersebut kita dapatkan dari pembeli yang ditransfer terlebih dahulu ke rekening kita sebelum handphone dibeli. Usaha seperti ini cukup banyak dijalankan di Batam, Kepulauan Riau. Apalagi harga handphone di Batam sedikit lebih terjangkau dibanding harga telepon selular di kota lain.

Selain modal, agar bisa sukses  menjalankan bisnis jual-beli handphone, kita juga harus mencari lokasi strategis. Lokasi counter menjadi salah satu faktor penting untuk kesuksesan sebuah usaha. Untuk membuka sebuah toko handphone pilihlah lokasi di tengah kota sehingga banyak orang yang akan datang. Selain itu bukalah toko di pusat penjualan alat elektronik agar memudahkan pelanggan untuk datang karena terpusat di satu tempat.

Hal paling utama saat membuka usaha  jual beli handphone adalah promosi untuk menarik pelanggan. Terapkanlah beberapa diskon atau berikan hadiah kecil, seperti memory card atau kartu perdana gratis untuk pelanggan yang membeli handphone. Selain itu promosi di internet juga menjadi salah satu cara efektif untuk menarik banyak pelanggan. Jadi sudah siap membuka counter handphone? Salam Bataminenglish! (*)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *